Pendidikan

Ini Pentingnya Menanamkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak Dini

Ini Pentingnya Menanamkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak Dini Posted On
Posted By admin

Bsn-Program¬†–¬†Pendidikan agama dan moral termasuk salah satu pendidikan yang paling penting untuk ditanamkan pada anak sejak dini, karena berperan penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian yang baik bagi anak. Apabila anak hanya memiliki kecerdasan saja tanpa moral, akhlak dan etika yang baik, maka kecerdasan itu tiada berguna untuk kehidupan si anak.

Ini Pentingnya Menanamkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak Dini!

Mengenai pendidikan anak, tak hanya sekadar tentang kecerdasan, keterampilan maupun kemampuannya di dalam bidang akademis di sekolah umum yang bersifat duniawi saja. Agar saat dewasa kelak ia benar-benar dapat membedakan mana yang benar dan mana salah, anak-anak tentunya harus dibekali dengan ilmu agama yang cukup sejak dini. Melalui pendidikan agama, anak-anak akan dapat menjaga diri dan menjauhkan diri dari hal-hal yang dilarang norma masyarakat atau pun agama, salah satu contohnya yaitu pergaulan bebas

Masa kanak-kanak merupakan masa yang sangat rentan karena di masa ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Ketika anak masih berusia dini, orang tua tentunya harus mendidik dan mengajarkan nilai-nilai pendidikan agama dan moral kepada anak untuk membantu menunjang kehidupan anak di masa yang akan datang.

Pendidikan agama adalah pendidikan yang di dalamnya terdapat pengetahuan yang dapat membentuk sifat, sikap dan kepribadian seorang anak. Anak diajarkan pendidikan agama sejak dini dengan tujuan agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang memiliki karakter yang baik sejak usia dini.

Selain pendidikan agama, terdapat pula pendidikan moral. Kata moral artinya yaitu kebiasaan. Jadi, pendidikan moral yang dimaksud di sini yaitu kebiasaan memberikan pengajaran kepada anak mengenai baik dan buruknya sesuatu, seperti sikap, perilaku, perbuatan, budi pekerti, dan hal lainnya, sehingga anak dapat menilai dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang salah.

Sama saja dengan ilmu pelajaran lainnya di sekolah, pendidikan agama selalu mengedepankan kebaikan dan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kecerdasan anak. Melalui agama, anak dapat mengenal berbagai kebaikan dari yang paling kecil sampai hal yang paling besar tingkatannya.

Sebelum sang buah hati memasuki usia sekolah, sebaiknya orang tua memperkenalkan pendidikan agama yang dianut sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Cobalah untuk mengajarkan kepada anak dengan cara yang baik dan tidak terlalu menuntut.

Ini Pentingnya Menanamkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak Dini

Penting bagi orang tua untuk memahami juga apa yang diajarkannya kepada anak selama mengajarkan pendidikan agama ini. Dan keteladanan merupakan hal yang paling penting untuk pembentukan kepribadian anak secara alami. Penanaman akhlak dan moral pada anak perlu dilakukan sejak usia dini karena anak akan lebih mudah dalam menyerap dan meniru terhadap pelajaran yang diajarkan sehingga lebih mudah untuk membentuk karakter dan kepribadian anak yang baik.

Tidak ada salahnya untuk mengirimkan anak ke sekolah agama jika orang tua kurang paham tentang ilmu agama. Atau bisa juga mengundang seseorang yang memiliki ilmu agama yang cukup untuk mengajarkan pada anak.

Pelajaran Agama Mengenalkan Anak Pada Tuhan

Melalui pelajaran agama, anak akan dikenalkan pada Tuhan. Cobalah untuk menanamkan keyakinkan pada pada Tuhan dengan mengenalkan kebesaran-kebesaran-Nya. Ceritakan pula pada anak kisah-kisah inspiratif yang berasal dari sejarah agama masing-masing.

Coba untuk menerangkan pada anak bahwa apa yang ada di muka bumi ini beserta segala hal yang ada di dalamnya merupakan ciptaan Tuhan. Misalnya, dengan mengenalkan anak pada mengenai turunnya air hujan, hembusan angin, langit, burung-burung dan adanya gunung, bintang, manusia, bunga dan lainnya sebagai wujud kebesaran Tuhan. Mengenalkan anak kepada Tuhan merupakan langkah awal untuk mengenalkan kepada anak segala kebaikan. Mengenalkan bagaimana caranya bersikap, etika dan sopan santun dalam perilaku sehari-hari.

Pelajaran Agama untuk Membentuk Karakter Anak

Dengan pendidikan agama yang cukup akan membentuk karakter dan kepribadian anak di masa depan. Seorang anak yang sudah dibekali ilmu agama yang cukup saat usia dini, pada saat dewasa umumnya akan membuatnya dapat memahami dirinya sendiri. Ini juga berperan penting untuk membuatnya tidak mudah terpengaruh dengan nilai-nilai negatif yang ada di sekitarnya.

Jadi, pada saat kita mengharapkan untuk membunyai buah hati yang baik budi pekertinya sejak usia dini maupun ketika ia dewasa nantinya, sangatlah penting untuk memberikannya pendidikan agama yang cukup sejak dini. Cobalah untuk mengajarkan tentang nilai-nilai kehidupan yang ada tanpa mengesampingkan pelajaran umum. Bagaimana karakter seorang anak pada dasarnya tergantung bagaimana ia dibentuk di keluarga, sekolah maupun lingkungannya.

Itulah pentingnya menanamkan pendidikan agama pada anak sejak dini. Jadi, agar anak memiliki kepribadian yang baik, pendidikan agama dan moral tentunya harus diberikan secara seimbang sejak dini. Semoga bermanfaat.

Related Post

leave a Comment