Pendidikan

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan Online

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan Online Posted On
Posted By admin

Ini dia kelebihan dan kekurangan sistem pendidikan online

Bsn-Program – Era digital sudah menguasai zaman milenial ini. Hal ini tentunya berpengaruh juga pada semua lini kehidupan, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Kini, bukan hanya game saja yang online, bahkan belajar juga bisa dilakukan secara online. Ya, sistem pendidikan online atau E-learning ini juga sepertinya menjadi pilihan efektif bagi millenials.

Namun, di balik sebuah sistem pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sama halnya dengan sistem pendidikan online ini. Sebelum memutuskan untuk belajar via online, tentu Anda harus tahu dulu apa kekurangan dan kelebihannya itu, ya. Nah, ini dia beberapa kelebihan sistem E-learning yang harus Anda ketahui!

Tidak Terbatas

Seperti awal tujuan penciptaannya, internet memang berfungsi untuk menghilangkan batasan-batasan. Begitu juga dengan sistem pendidikan online. Jika terkadang lokasi dan waktu menghambat para pembelajar dan instruktur untuk bertatap muka, maka dengan sistem online, hal ini bukan lagi masalah. Anda bisa belajar kapan saja dan di mana saja, tentu dengan catatan selama sinyal internet Anda mendukung.

Selain itu, jumlah partisipan dalam sistem E-learning ini juga tidak terbatas seperti belajar tatap muka yang dibatasi ruangan dan jumlah orang. Jadi, satu instruktur bisa mengawal kelas dengan jumlah pembelajar puluhan bahkan sampai ratusan orang sekaligus. Hal ini menjadi salah satu kelebihan E-learning yang memudahkan para penggunanya.

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pendidikan Online

Biaya Lebih Efektif

Jika belajar dengan metode biasa atau tatap muka, tentu Anda diharuskan untuk terus membeli buku-buku baru sesuai tingkatan. Setelah itu, kadang buku-buku tersebut hanya akan menjadi usang setelah tidak terpakai lagi. Hal ini tentu membuat pengeluaran menjadi tidak efektif, ya. Beda dengan sistem pendidikan online, Anda tidak perlu lagi membeli buku-buku untuk menunjang belajar Anda. Karena dalam sistem online, semuanya sudah terprogram rapi lengkap dari materi hingga pembahasannya. Wah, kelebihan E-learning yang satu ini memang sangat bermanfaat, bukan?

Sesuai Perkembangan Zaman

Di era ini, semua perusahaan besar menggunakan internet untuk berkomunikasi dan melatih karyawannya meski di tempat yang berbeda-beda dalam waktu yang sama. Hal ini juga terpecahkan oleh sistem pendidikan online. Ini tentu memudahkan instruktur dan pembelajarnya, serta menjadi salah satu kelebihan E-learning yang patut dipertimbangkan.

Asik dan Komunikatif

Berbeda dengan metode belajar tradisional di mana seorang instruktur menerangkan pada para pembelajarnya, hal ini cenderung membosankan. Dengan pendidikan online, pembelajar akan diberikan fasilitas serta materi domino qiu yang asik dan komunikatif. Hal tersebut menjadikan sistem belajar ini tidak mudah membosankan. Belajar seperti bermain saja rasanya. Asik dan komunikatif ini juga menjadi salah satu kelebihan dari sistem E-learning.

Setelah membahas kelebihannya, ini dia beberapa kekurangan sistem pendidikan online :

  • Kurang Baik Untuk Kesehatan

Sistem pendidikan online yang menggunakan perangkat gadget jelas akan mengganggu kesehatan mata. Selain itu, postur tubuh seperti terlalu lama dalam posisi yang sama tanpa gerak juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain. Jika menjadi salah satu peserta belajar online, tentu Anda harus memenuhi asupan nutrisi dan pola olahraga yang teratur.

  • Merasa Terisolasi dan Kurang Sosialisasi

Berbeda dengan metode belajar tradisional yang langsung bertatap dan bertemu teman-teman, tidak dengan sistem E-learning ini. Anda bisa jadi akan merasa terisolasi karena merasa melakukan semuanya sendiri. Dari segi sosialisasi pun sistem ini juga kurang karena tidak bertatap langsung tadi. Untuk menghindari ini, Anda mungkin bisa memanfaatkan fasilitas seperti video call dengan peserta belajar yang lainnya.

  • Mis-komunikasi

Sistem pendidikan online juga meningkatkan risiko mis-komunikasi. Tidak heran, karena para peserta satu sama lain tentu mengikuti pembelajaran dengan kegiatan yang berbeda-beda. Misal ada yang sambil bekerja, tiduran, atau bahkan dalam perjalanan. Jika tidak fokus, maka risiko mis-komunikasi ini bisa saja terjadi. Anda bisa ketinggalan materi atau melewatkan sesuatu yang penting.

  • Tidak Fokus

Kekurangan berikutnya dari sistem pendidikan online adalah membuat Anda sering tidak fokus. Karena sifatnya tidak formal seperti pembelajaran tradisional, kadang terbersit kesan yang tidak begitu penting dalam pikiran Anda. Akhirnya, Anda melakukan pembelajaran sambil melakukan hal lain dan berakibat tidak fokus pada proses belajar. Kalau sudah begini, akan sedikit sekali ilmu yang bisa Anda serap dan praktikkan.

  • Lebih ke Arah Melatih, Bukan Mendidik

Belajar dengan menggunakan sistem online juga menjadikan arah pembelajaran itu sendiri menjadi berbeda. Jika metode tradisional belajar adalah untuk mendidik, dengan E-learning hal ini bisa bergeser menjadi metode melatih. Hal ini terjadi karena kurangnya interaksi langsung antara instruktur dan peserta belajar.

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan dari sistem pendidikan online. Anda masih bisa memilih mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan belajar Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Post

leave a Comment