Pendidikan

Sangat Mengejutkan, Inilah 4 Alasan Anak Putus Pendidikan!

Sangat Mengejutkan, Inilah 4 Alasan Anak Putus Pendidikan! Posted On
Posted By admin

Sangat Mengejutkan, Inilah 4 Alasan Anak Putus Pendidikan!

Bsn-Program – Pendidikan adalah sarana penting dalam membangun generasi muda yang memiliki intelektual tinggi dan peradaban baik. Lalu, jika pendidikan sudah tidak dianggap penting oleh masyarakat umum bagaimana bisa mewujudkan kehidupan yang lebih baik lagi. Pada abad ke 21 ini, pendidikan sangatlah diperlukan, oleh karena itu tugas pemerintah sangatlah berat dalam mengurusi problema masyarakat tentang banyaknya anak putus pendidikan.

Banyak anak putus pendidikan membuat semakin terpuruknya dunia pendidikan saat ini. Tak lagi peduli seberapa bernilainya bangku sekolahan sebab menurut sebagian masyarakat itu sama saja antara yang memiliki pendidikan tinggi dengan pendidikan rendah. Karena ujung-ujung setelah tamat sekolah menjadi pengangguran dan berakhir menjadi buruh. Ini adalah konsep yang selalu berkembang dalam lingkungan masyarakat kelas bawah sampai menengah.

Lalu, apa alasan sebenarnya yang membuat anak putus pendidikan? Sehingga semakin tahun malah semakin banyak yang putus sekolah dibanding yang melanjut hingga jenjang pendidikan tinggi. Yuk, lihat 4 alasan berikut ini.

Ekonomi Keluarga yang Tak Mempuni

Biasanya alasan yang selalu terucap dari anak putus pendidikan adalah kondisi ekonomi keluarganya tidak mempuni untuk bisa membayar segala tagihan uang sekolah. Hal tersebutlah yang menjadikan mereka putus sekolah dan memilih bekerja demi mencukup kebutuhan keluarganya. Banyak anak-anak yang sudah tidak bersekolah lagi berseliweran di lampu-lampu lalu lintas, ada mengamen dengan kecrekan ataupun gitar kecil dan ada juga yang mentadahkan tangan dengan cara meminta-minta atau mengemis di jalanan.

Sungguh sebenarnya miris, jika melihatnya. Di umur yang seharusnya dapat mengenyam pendidikan harus dipaksa menyerah demi sesuap nasi setiap harinya. Lagi dan lagi faktor ekonomi keluarga membuat mereka yang masih ada keinginan bersekolah akhirnya kandas seiring berjalannya waktu dengan status anak putus pendidikan di sekolahnya.  Dan solusinya bagi mereka adalah bekerja apa saja, walau sebenarnya belum masuk taraf usia yang memperbolehkan mereka untuk bekerja.

Sangat Mengejutkan, Inilah 4 Alasan Anak Putus Pendidikan!

Kurangnya Minat Untuk Melanjutkan Pendidikan

Kurangnya tingkat kesadaran serta minat anak-anak untuk bersekolah atau melanjutkan pendidikan lebih tinggi membuat alasan lain untuk anak putus pendidikan. Mereka menganggap bahwa tanpa pendidikan tinggi mereka juga dapat hidup, bekerja lalu mengahsilkan uang. Jika pun mereka melanjutkan pendidikan mereka itu pun sama saja sebab mereka berpikir yang gelarnya sarjana saja jadi pengangguran. Yang ada dengan melanjut ke taraf pendidikan lanjut dapat membuang uang dengan percuma mending kerja dapat uang untuk bisa makan dan keperluan lainnya.

Hal hasil maka anak-anak akhirnya memandang remeh pendidikan, dan kurang minat untuk bersekolah dengan akhiran anak putus pendidikan. Seharusnya penerapan nilai karakter diperlukan untuk menghasilkan anak yang cerdas dan dapat mengubah dunia. Jika terus dibiarkan begini, maka akan semakin banyak anak-anak putus sekolah dan malas melanjutkan pendidikannya.

Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal yang Tidak Mendukung

Lingkungan tempat tinggal merupakan salah satu faktor luar yang dapat mempemgaruhi pola pikir dan perilaku seorang anak. Bila kondisi lingkungan tempat tinggal tidak mendukung anak untuk melanjutkan pendidikannya, maka dengan perlahan anak tersebut akan terpengaruh dan anak putus pendidikan. Apalagi jika pergaulan dalam lingkungan tersebut bukanlah mengajaknya untuk menjadi anak yang bermanfaat dan cerdas dalam berperilaku, tetapi malah mendorongnya untuk memiliki rasa malas serta berpikir tak ada gunanya bila bersekolah.

Akhirnya dengan pengaruh pergaulan yang negatif dan kondisi lingkungan tak mendukung membuat anak putus pendidikan. Karena yang hanya menjadi bahan pemikiran adalah bagaimana bisa hidup hari ini tanpa memikirkan bahwa kehidupan esok lebih berat jika tidak adanya pembekalan pendidikan dalam diri anak.

Latar Belakang Pendidikan Orang Tua yang Rendah

Biasanya orang tua akan menyamakan pendidikan yang ia miliki dengan anaknya. Kebanyakan orang tua yang memiliki latar brlakanh pendidikan rendah akan menggap bahwa pendidikan tinggi bukan lah hal penting. Sebab yang terpenting adalah bekerja dan menghasilkan uang. Walau tidak semua orang tua yang memiliki pendidikan rendah berpikiran sama. Ada yang mendukung anaknya untuk lanjut sekolah. Walau ya seperti dikatakan sebelumnya jika rata-rata argumentasi orang tua tentang pendidikan membuat anak putus pendidikan.

Sungguh alasan-alasan akan anak putus pendidikan membuat batin kita mengiris pilu. Bahkan, jika ingin ditelusuri lagi bahwa sebenarnya ada dari sebagian anak-anak tersebut yang masih ingin berpendidikan tinggi. Namun, balik lagi kondisi kehidupn membuat mereka akhirnya diam dan memutuskan berhenti mengenyam bangku sekolahan. Dan memilih bekerja untuk menyambung kehidupan apalagi jika kondisi ekonominya benar-benar memprihatinkan, jangankan untuk berpikir sekolah tinggi, untuk makam sekali sehari saja susah sekali. Sebab mereka berbeda dari anak-anak yang terlahir dalam keadaan yang berkecukupan. Semoga pemerintah lebih peka lagi terhadap kondisi anak-anak bangsa yang seperti ini.

Related Post

leave a Comment