Kesehatan

Mengapa Ketiak Terasa Bau Tidak Enak! Baca Tips Ini

Mengapa Ketiak Terasa Bau Tidak Enak! Baca Tips Ini Posted On
Posted By admin

Bsn-Program – Merasakan aroma yang tidak sedap membuat Anda bernapas dengan tidak bebas. Salah satunya adalah bau ketiak. Penyakit ini bisa terjadi pada semua orang, termasuk Anda, dan tentunya memberi Anda kesan lebih rendah. Jadi, adakah cara untuk mengatasi bau ketiak? Ayo, coba beberapa tips berikut untuk menghindari bau ketiak.

Mengapa Ketiak Terasa Bau Tidak Enak?

Tubuh Anda ditutupi dengan kulit yang memiliki kelenjar keringat, yaitu ekrin dan apokrin. Kelenjar ini berfungsi menjaga suhu tubuh normal. Kelenjar ekrin menutupi hampir semua kulit. Sedangkan kelenjar apokrin biasanya ditemukan di area kulit yang tertutup rambut, seperti selangkangan, ketiak dan sekitar dada. Ketika suhu tubuh naik, kelenjar keringat mendinginkan tubuh dengan berkeringat. Sekarang, keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat apokrin mengandung lemak dan sangat mudah diurai oleh bakteri dari pada oleh keringat kelenjar berbasis air ekrin. Karena itu, di ketiak, selangkangan atau di sekitar payudara, Anda bisa mengeluarkan bau tak sedap.

Tips mengatasi bau ketiak

Anda dapat mengurangi bau ketiak dengan beberapa cara, misalnya:

  1. Gunakan deodoran atau antiperspiran

Deodoran adalah cara termudah untuk melawan bau ketiak. Karena deodoran memiliki aroma yang bisa menutupi bau tak sedap di ketiak. Deodoran juga membuat kulit ketiak lebih asam, yang dapat mencegah reaksi antara keringat dan bakteri. Selain deodoran, Anda juga bisa menggunakan antiperspiran. Produk ini mengandung bahan aktif seperti aluminium klorida atau aluminium tetrachlorohydrex zirconium yang dapat memblokir kelenjar apokrin untuk menghasilkan keringat. Berkeringat di ketiak akan berkurang dan bau ketiak akan berkurang.

  1. Hindari obat-obatan tertentu

Meskipun baunya normal, beberapa orang berkeringat lebih dari biasanya. Kondisi ini dikenal sebagai hiperhidrosis. Untuk mengontrol produksi keringat yang berlebihan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan obat tergantung pada kondisi Anda untuk mengurangi bau ketiak. Penyebab keringat berlebih yang menyebabkan bau ketiak adalah penggunaan obat-obatan tertentu, seperti hipertensi atau antidepresan. Jika bau ketiak benar-benar mengganggu Anda, minta dokter untuk meresepkan obat lain yang efek sampingnya tidak meningkatkan produksi keringat.

  1. Pilih pakaian yang tepat

Mencegah dan mengurangi bau ketiak bukan hanya tentang kebersihan pribadi. Kebersihan pakaian dan pilihan bahan yang digunakan juga harus diperhitungkan. Membersihkan pakaian, menambahkan parfum, dan mengeringkannya di bawah sinar matahari dapat membunuh bakteri. Tempat penyimpanan pakaian juga harus bersih dan kering. Jika Anda adalah orang yang mudah berkeringat, pakaian yang Anda pilih harus terbuat dari serat alami seperti katun. Pakaian katun memungkinkan kulit untuk bernafas dan dapat menyerap keringat lebih baik dari wol atau poliester. Hindari menggunakan pakaian basah karena ini dapat menyebabkan bakteri tumbuh.

  1. Kebersihan pribadi

Kegagalan untuk mempertahankan tubuh yang sehat menghasilkan adhesi bakteri dan akumulasi sel-sel kulit mati. Akibatnya, kulit menjadi kotor dan menimbulkan bau tak sedap, terutama pada ketiak. Untuk menghindari hal ini, kebersihan pribadi perlu ditingkatkan. Jadi usahakan mandi dua kali sehari. Gunakan sabun dan gosok kulit untuk menghilangkan bakteri di sekitar ketiak dan bagian tubuh lainnya. Kemudian, keringkan tubuh untuk mencegah kulit menjadi basah dan bakteri berkembang biak dengan cepat.

  1. Perhatikan menu makanan Anda

Untuk mengurangi penampilan bau ketiak, Anda bisa memeriksa makanan Anda. Beberapa makanan dapat menyebabkan bau ketiak, seperti bawang, makanan pedas dan panas, dan minuman beralkohol. Menghindari makanan ini bisa membantu mengurangi bau ketiak.

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam

Untuk anda yang memiliki ketiak hitam bisa menggunakan tips berikut ini sebagai tambahan dari kami :

  1. Masker ketiak berbahan alami

Bahwa berbagai bahan alami dapat digunakan untuk mengatasi ketiak hitam. Dari lemon, kunyit, ekstrak teripang, mentimun, susu. Ini bukan tanpa alasan, itu berkat kandungan zat khusus yang terkandung dalam bahan-bahan alami yang mampu secara bertahap meringankan warna ketiak. Misalnya, curcumin dalam kunyit. Penting untuk dicatat bahwa Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter karena beberapa bahan alami dapat menyebabkan iritasi kulit. Apalagi jika kulit Anda tergolong sensitif.

  1. Gunakan pelembab untuk ketiak

Mencukur atau menghilangkan rambut ketiak dapat membuat kulit menjadi hitam. Jika Anda melakukannya secara teratur, oleskan krim cukur sebelum mencukur ketiak Anda dan kemudian selesai dengan pelembab. Penggunaan krim dan pelembab pada ketiak mengurangi iritasi yang dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit.

  1. Terapi dengan laser

Cara lain untuk menghilangkan ketiak hitam adalah dengan melakukan perawatan laser. Memang, terapi laser dapat mengurangi penebalan kulit yang terjadi bersamaan dengan penggelapan warna kulit. Inilah sebabnya mengapa mengurangi ketebalan kulit dapat membantu membuat kulit ketiak lebih cerah. Di sisi lain, terapi laser juga dapat mengurangi pertumbuhan rambut ketiak, yang tentu saja mengurangi frekuensi bercukur Anda. Semakin sedikit Anda bercukur, semakin rendah risiko kulit ketiak menjadi gelap.

  1. Gunakan krim sesuai dengan resep dokter

Dokter kulit dapat meresepkan beberapa obat pencerah kulit, seperti krim retinoid, hidrokuinon, dan kalsipotrien, yang mengandung vitamin D untuk mengurangi pigmentasi gelap pada kulit. Dokter juga dapat merekomendasikan perawatan kulit menggunakan asam trikloroasetat (TCA) untuk mengangkat sel kulit mati.

Related Post

leave a Comment